Pengantar Teori Ekonomi Mikro

Bab I Teori Ekonomi

Bab II Pasar Dan Harga

Bab III Elasti

Bab IV

Bab V Teori Produksi

UTS Pengantar Teori Ekonomi Mikro PERIODE 0911

1)      Beras tergantung harganya,apabila harga tinggi maka akan mengurangi permintaan, namun apabila harga rendah maka akan makin banyak permintaan.

Handphone semakin canggih teknologinya dan semakin mahal harganya semakin banyak pembelinya.

BBM,seberapa besarpun kenaikan harga BBM masih tetap banyak orang yang mencarinya karena faktor kebutuhan.

2)      Jenis Jenis Pasar

  1. Pasar Persaingan Sempurna

Yaitu :Struktur pasar  atau industry dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidakdapat mempengaruhi keadaan pasar.

  1. Pasar  Monopoly

Suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu firma saja, dan firma ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat.

  1. Pasar Oligopoli

Pasar yang terdiri dari hanya beberapa produsen saja.

  1. Pasar Monopolistis

Suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak.

3)      Hukum Pemintaan

Makin rendah harga suatu barang maka makin banyak permintaan terhadap barang tersebut Sebaliknya makin tinggi harga suatu barang maka makin sedikit permintaan terhadap barang tersebut.

Asamsi  Ceteris Paribus yaitu asumsi bahwa faktor-faktor lain/ selain harga dianggap konstan.

4)      Faktor yang mempengaruhi permintaan.

  1. Harga barang
  2. Harga barang lain yang berkaitan erat dengan barang tersebut
  3. Corak distribusi pendapatan dalam masyarakat
  4. Cita rasa masyarakat
  5. Jumlah penduduk
  6. Ramalan keadaan dimasa dating

5)      Hukum Penawaran

Makin tinggi harga suatu barang maka semakin banyak jumlah tersebut akan ditawarkan oleh penjual begitu juga sebaliknya.

Asumsi cetris paribus yaitu hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan terhadap perubahan har ga adalah searah.

6)       Faktor yang mempengaruhi penawaran :

  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang lain
  3. Biaya Produksi
  4. Tujuan Perusahaan
  5. Tingkat teknologi yang digunakan

7)

Q TFC TVC TC AFC AVC AC MC
0 0 50 0 50 0 0 0
1 2 50 50 100 25 25 50 50
2 6 50 100 150 8,3 16,7 25 50
3 12 50 150 200 4,2 12,5 16,7 50
4 20 50 200 250 2,5 10 12,5 50
5 27 50 250 300 1,9 9,3 11,1 50
6 33 50 300 350 1,5 9,1 10,6 50
7 38 50 350 400 1,3 9,2 10,5 50
8 42 50 400 450 1,2 9,5 10,7 50
9 45 50 450 500 1,1 10 11,1 50
10 47 50 500 550 1,1 10,6 11,7 50

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s