Manajemen Perubahan

Bab 1,2,3,4

Bab 5

Bab 6

Manajemen Perubahan

Soal

Mengapa manajemen perubahan diperlukan. Jelaskan menurut pendapat anda!

  1. Dalam Perubahan diperlukan sosok pemimpin yang bisa dianut untuk keberlanjutan proses perubahan, anda diminta menjelaskan arti kepemimpinan dalam suatu perubahan!
  2. Perubahan dapat terjadi pada diri kita maupun disekeliling kita. Dengan perubahan berarti kita harus mengubah dalam cara mengerjakan atau berpikir, menurut anda perubahan yang seperti apa yang dianggap baik/sukses? Berikan argument anda!
  1. Ada perubahan terencana dan perubahan tidak terencana,jelaskan serta berikan contoh!
  1. Manajemen perusahaan / para manajer dapat merencanakan dan mempraktekan perubahan dalam berdisiplin dengan berhasil. Namun dalam perubahan perilaku dan mental, para manajer banyak mengalami kesulitan, anda diminta bantuan memberikana solusinya? Berikan pendapat anda!

Jawab.

  1. Manajemen perubahan diperlukan karena  Kemampuan organisasi untuk bertahan hidup (survive) sangat ditentukan oleh kemampuan organisasi untuk berubah, menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan bisnis yang dihadapi atau menyesuaikan diri dengan perubahan potensial yang akan terjadi di masa mendatang
  1. Seorang pimpinan  yang mampu mengembangkan sebuah perusahaan   menjadi perusahaan yang visioner , seorang pemimpin yang mendorong  perubahan,objektif,berfikir positif, mempunyai  wawasan yang luas, penuh ide cemerlang, mempunyai motivasi yang tinggi, energik dan intelektual.
  1. Perubahan perbaikan yang dilakukan secara kontinyu dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kinerja sumber daya manusia, dan memperbaiki prosedur kerja  yang dilakukan.
  1. Perubahan terencana adalah aktifitas yang diarahkan dalam sifat dan disainnya untuk memenuhi beberapa tujuan organisasi. Contoh :perubahan dalam produksi/jasa, perubahan dalam ukuran dan standar organisasi,perubahan dalam system administrasi

Perubahan tidak terencana adalah  Merupakan pergeseran dalam aktifitas organisasi karena adanya kekuatan yang sifatnya external. Contoh Perubaan kondisi ekonomi’

Kegiatan Perubahan yang  disengaja dan berorientasi kepada  tujuan, yang dilakukan secara bertahap yang meliputi  Identifikasi ,perencanaan, implementasi, evaluasi dan umpan balik. Contohnya perubahan prosedur kerja,perubahan struktur organisasi, perubahan mutu dan kualitas

  1. Para manajer perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut, agar dapat  melaksanakan perubahan dengan sukses maka manajer harus mampu menciptakan kondisi yang baik untuk memotivasi dan melibatkan karyawan.Solusinya adalah dengan memprogram ulang diri sendiri  secara tertulis , agar pikiran, perasaan , ucapan dan tindakan  sehari-hari berubah menjadi lebih baik. Perubahan dimulai dari diri sendiri, dari yang sederhana, dari yang paling mudah dan di mulai dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s