Logo IM Consultant

TAMBAHAN MODAL BPR

Logo IM Consultant
JAKARTA–Kalangan Bank Perkreditan Rakyat meminta insentif  berupa                        kelonggaran waktu dan kemudahan relokasi maupun akuisisi untuk memenuhi kewajiban permodalan sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia.

 Mahfud Fauzi, Direktur Utama BPR Bumi Bandung Kencana, mengatakan masih ada BPR yang merasa kesulitan menambah modal, apalagi kalau nominal kenaikannya terlalu tinggi.

 “BI memang belum mengeluarkan angka berapa modal minimal yang harus dipenuhi. Kami berharap ada insentif agar bisa memenuhi ketentuan baru tersebut bila sudah diberlakukan,” katanya, Minggu (17/3).

 Bank sentral sebelumnya mewacanakan akan meningkatkan modal BPR berdasarkan zonasi. BPR yang berada pada zona satu harus memiliki modal minimal Rp10 miliar, pada zona dua Rp6 miliar, dan terakhir zona tiga Rp4 miliar.

 Mahfud mengatakan intensif pertama yang dibutuhkan ialah adanya jangka waktu tertentu untuk memenuhi kewajiban tersebut.

 “BPR memang bisa menahan laba untuk memperkuat modal, tapi kan butuh waktu untuk mencapai angka itu. Misalnya, bagi BPR dengan skala usaha sedang, bisa membutuhkan waktu hingga 5 tahun untuk memenuhi batas minimum itu secara organik,” ujarnya.

 Insentif kedua, ialah membantu BPR yang terpaksa memindahkan zona operasional karena keterbatasan permodalan.

Dia memberi contoh, BPR yang berdomisili di zona satu, tapi hanya mampu memenuhi batas minimal zona dua bisa saja memutuskan relokasi.

 BI, diharapkan bisa mempermudah proses relokasi tersebut, termasuk menyediakan data potensi yang ada di zona baru tersebut. “Insentif ketiga ialah mempermudah proses akuisisi atau merger apabila BPR tidak sanggup lagi memenuhi modal.”

 Berdasarkan data BI, modal disetor BPR secara nasional per Januari 2013 mencapai Rp6,27 triliun atau tumbuh 13,1% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2012 sebesar Rp5,54 triliun. (if)

( Bisnis.com)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s