Pola Pembiayaan Budidaya Kentang Industri

Usaha budidaya kentang atau usaha tani kentang yang memiliki prospek dan peluang usaha yang tinggi dapat diarahkan sebagai unit bisnis yang mampu meningkatkan pendapatan dan memberikan nilai tambah produk kentang. Selain itu juga memiliki potensi yang tinggi sebagai sumber pangan pokok selain beras, sehingga dapat memacu peningkatan produksi dan pemasaran kentang domestik maupun internasional.

Usaha budidaya kentang industri dengan pola kemitraan usaha mampu menarik minat lembaga pembiayaan, baik perbankan maupun lembaga pembiayaan non-bank untuk memberikan bantuan modal usaha, terutama untuk pembiayaan modal kerja.

Pemilihan lokasi dan penentuan musim tanam yang tepat pada budidaya kentang sangat mempengaruhi kuantitas dan kualitas kentang yang dihasilkan. Keterbatasan lahan perlu mendapatkan perhatian sebab usaha budidaya kentang pada lahan yang sama tidak dapat dilakukan penanaman secara kontinyu, sehingga pengembangan usaha bisnis kentang ini juga selayaknya masih menganut pengembangan pertanian berkelanjutan. Selain lokasi, faktor penting lainnya yang harus diperhatikan dalam usaha budidaya kentang adalah penggunaan bibit yang baik dan bersertifikasi.

Perlu dicermati dalam usaha budidaya kentang ini adalah ketersediaan lahan dan musim yang berakibat pada produktivitas. Jika produktivitas mengalami penurunan maka dapat terjadi penurunan faktor kelayakan yang signifikan. Petani/pengusaha juga harus berwawasan lingkungan dengan tetap memperhatikan kelestarian lahan dan penggunaan bahan kimia yang terkendali dan bertanggung jawab.

Lampiran Pola Pembiayaan Budidaya Kentang Industri
By suprayitno88 Posted in UMKM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s